WELCOME TO MY SIMPLE BLOG...

03 Maret 2012

Ini yang bisa kita lakukan di UN 2012 ini...



Ujian Nasional telah di depan mata. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh segenap guru dan kepala sekolah, agar anak didiknya dapat berhasil lulus 100 %. Meskipun banyak yang tidak setuju dengan pelaksanaan Ujian Nasional, akan tetapi pemerintah tetap bersikeras untuk mengadakan perhelatan tahunan akademis ini. Oleh sebab itu mau tidak mau sebagai penyelenggara pendidikan, sekolah harus mempersiapkan diri secara matang dan melakukan pembekalan secara berkala kepada anak didiknya. Ada yang menempuh jalan elegan dengan memberikan porsi latihan soal berstandart UN, namun adapula yang menempuh cara-cara tidak patut seperti membeli kunci jawaban di bimbingan belajar. Semua cara tersebut ditempuh hanya demi sebuah predikat LULUS.

Akan tetapi bagi guru-guru yang memilki pengalaman segudang, menghadapi UN bukanlah sesuatu yang menakutkan, menurut seorang teman yang merupakan guru berpengalaman, ada trik-trik khusus yang dapat dilakukan agar anak didik dapat menyelesaikan soal UN dengan baik, sehingga dapat berhasil tanpa harus menempuh cara sesat.

Adapun trik-trik tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri siswa, hal ini penting sebab UN bagi sebagian siswa adalah hal yang sangat menyeramkan sehingga banyak siswa yang stres sebelum waktunya. Dengan bekal rasa percaya diri, maka siswa diharapkan akan memiliki mental yang kuat untuk menghadapi soal-soal UN, sehingga ia dapat berfikir dengan jernih untuk menyelesaikan soal-soal Un tersebut.

  2. Belajar mensiasati soal. Berdasarkan pengalaman, bentuk soal UN dari tahun ke tahun tidak mengalami perubahan. Oleh sebab itu siswa diberikan sebuah cara khusus untuk memecahkan soal-soal sejenis yang kemungkinan akan keluar pada UN tahun ini. Hal ini diperlukan kecerdikan guru terutama guru Matematika untuk mengkelompokkan soal sesuai dengan bentuknya.
  3. Melakukan pendalaman materi dengan agenda pembahasan SKL sekaligus latihan soal. Sebenarnya pemerintah telah memberikan kepada sekolah bekal yang disebut SKL (Standart Kelulusan). Dimana nantinya soal Un tidak akan keluar dari bingkai SKL itu.
  4. Menghafalkan bentuk-bentuk soal. Cara ini merupakan cara pamungkas jika ternyata siswa belum juga menguasai materi.
  5. Berdoa dan tawakkal kepada Allah. Aspek rohani tidak bisa dipandang sebelah mata, sebab dengan kekuatan doa apapun bisa terjadi. Fakta telah membuktikan banyak anak yang LULUS padahal dia bukanlah tergolong siswa yang istimewa di kelas
  6. Banyak bersedekah, sebab soal UN adalah multiple choise sehingga siapa tahu dengan banyak sedekah tangan para siswa tersebut dituntun oleh Allah pada jawaban yang benar.

Semoga Allah memberikan kemudahan bagi anak-anak bangsa ini dalam menempuh UN. amiin

SELAMAT BERJUANG...!!!!!